Prakata

Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan bahwa pembentukan Pemerintah Negara Indonesia yaitu antara lain untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan upaya tersebut, Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 31 Ayat (3) memerintahkan agar Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.

 

Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun, merupakan program Pemerintah untuk menjawab kebutuhan dan tantangan jaman. Pemerintah berupaya meningkatkan taraf kehidupan rakyat dengan mewajibkan semua warga negara Indonesia yang berusia 7- 12 tahun dan 12-15 tahun untuk menamatkan pendidikan dasar dengan program 6 tahun di SD dan 3 tahun di SLTP secara merata. Tidak relevan bila di jaman modern ini masih ada anak-anak Indonesia yang tidak bersekolah dan ada pula yang masih buta huruf.

 

Oleh karena itu untuk mewujudkan harapan tersebut maka SDIT Mentari Ilmu hadir ditengah-tengah masyarakat yang sangat membutuhkan lembaga pendidikan yang bermutu dan bernuansa Islami. Sebagaimana diketahui kehadiran SDIT Mentari Ilmu yang berlokasi di kampung Sukamaju Dusun 2 RT 01 RW 04 Desa Jatisari merupakan sekolah dasar pertama yang berlabel Islam. Adapun sekolah dasar yang sejenis yang berlabel Islam jaraknya cukup jauh sehingga sangat menyulitkan orang tua dalam mengaksesnya. Kehadiran sekolah SDIT Mentari Ilmu menjadi alternatif pilihan bagi orang tua untuk menyekolahkan putra-putrinya ditengah-tengah semakin derasnya arus globalisasi dan budaya barat. SDIT Mentari Ilmu hadir tidak hanya mencetak generasi yang cerdas namun lebih dari itu memiliki peranan yang sangat penting dalam membekali peserta didik dalam ketauhidan dan ketaatan terhadap nilai-nilai Islam.

 

Kami sadar bahwa sekolah ini masih baru dan Kami sangat membutuhkan bantuan, bimbingan, dan pengawasan menyeluruh dari Pemerintah, dalam hal ini, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga agar SDIT yang kami rintis dapat berjalan dengan baik, berkualitas dan mencapai harapan kita semua. Upaya ini, Alhamdulillah, telah didukung oleh Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Pemerintah setempat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s